Senin, 19 November 2018

Mencicipi 6 Kuliner Terbaik di Asakusa

Jika Anda mengunjungi Tokyo, Asakusa adalah salah satu kawasan wajib yang tidak bisa Anda lewatkan. Salah satu tempat di Asakusa yang ikonik adalah kuil Sensoji yang menawan serta sungai Sumida yang begitu indah dihiasi bunga sakura ketika musim semi. Tidak hanya itu, Asakusa juga merupakan destinasi kuliner yang siap memuaskan selera Anda.

Berlibur ke Tokyo pun kini dapat Anda lakukan secara terjangkau dengan adanya maskapai yang menyediakan penerbangan langsung ke Narita ataupun Haneda, seperti Japan Airlines misalnya. Tidak perlu menunggu lama lagi, berikut adalah daftar kuliner terbaik yang wajib Anda nikmati di Asakusa. Selamat mencoba!

Asakusa


1. Bakpao daging di Sekine
Di Asakusa terdapat spot berbelanja yang cukup terkenal dengan nama Shin-Nakamise. Di sana banyak yang menjajakan street food yang lezat. Salah satunya adalah nikuman atau bakpao daging di kedai bernama Sekine.

Uniknya, kedai ini sudah berdiri sejak 1954 dan begitu dicintai oleh baik warga lokal maupun turis mancanegara. Makanan yang menjadi spesialisasi di Sekine adalah sejenis siomay dan tentunya bakpao. Pastinya, bakpao adalah highlight utama di Sekina karena tekstur dagingnya yang begitu juicy dipadu dengan roti yang begitu lembut.

2. Menchi katsu dari kedai Asakusa Menchi
Terletak di daerah Nakamise yang berdekatan dengan kuil Sensoji, Anda pastinya tidak akan melewatkan Asakusa Menchi karena selalu dipenuhi orang yang mengantri untuk mendapatkan menchi katsu-nya. Menchi katsu sendiri merupakan campuran daging sapi dan babi cincang yang kemudian dibentuk pipih membundar dan digoreng menggunakan panko atau tepung roti. Tekstur renyah dari panko serta daging cincangnya yang juicy pastinya akan membuat Anda ketagihan. Rasa menchi katsu di sana yang cenderung manis membuatnya cukup digemari. Tak heran jika antrian membludak, terutama saat akhir pekan.

3. Mencicipi kedai onigiri tertua di Tokyo
Onigiri adalah salah satu makanan Jepang yang sederhana dan cukup populer. Anda pun bisa dengan mudah menemukannya di convenience store seperti Lawson ataupun 7-Eleven. Namun jika Anda ingin merasakan onigiri kualitas premium, maka Anda wajib mendatangi Yadoroku.

Terletak di belakang kuil Sensoji, onigiri yang dijajakan di sini dibuat dari beras terbaik yang didapatkan dari berbagai daerah di Jepang. Salah satu yang membuatnya cukup mahal karena onigirinya dibungkus dengan rumput laut Edomae yang memang terkenal dengan rasanya yang lezat. Rata-rata onigirinya seharga 280 yen, lebih mahal dibanding onigiri yang biasanya seharga 120 yen. Salah satu onigiri termahalnya berisi telur ikan salmon mampu mencapai harga 690 yen. Namun harga pastinya sebanding dengan rasa.

4. Merasakan matcha gelato paling ‘tebal’
Gelato yang dimaksud dijual di kedai gelato bernama Suzukien. Sejatinya Suzukien merupakan sebuah merk teh hijau yang sudah ada sejak 1848. Namun karena berkolaborasi dengan salah satu pabrik permen di Shizuoka, mereka membuat sebuah kedai gelato dengan spesialisasi matcha.

Keunikan gelato yang dimilikinya adalah level ketebalannya dari level 1 yang paling ringan, hingga level 7 yang paling tebal. Sesuai ekspektasi, ketika Anda mencicipi level 7, Anda akan merasakan rasa matcha yang begitu pekat dan kuat. Perpaduan manisnya gelato dengan pahitnya matcha akan memberikan sensasi tersendiri. Jika Anda pecinta matcha, Anda wajib datang ke tempat ini.

5. Kue dango di kedai Momotaro
Dango merupakan makanan tradisional khas Jepang yang chewy dan memiliki rasa yang manis. Dibuat dari beras, dango memiliki tekstur yang mirip kue mochi. Di Asakusa, Momotaro adalah kedai kue dango yang cukup terkenal. Bahkan, ia sudah ada di tempat yang sama sejak tahun 1871. Dan salah satu menu favoritnya adalah shoyu yaki dango, yakni kue dango yang dioleskan oleh soy sauce khas Jepang.

6. Fluffy pancake dari Benitsuru
Save the best for the last karena di Asakusa terdapat kedai pancake terenak dan terlembut yang mungkin Anda coba. Sedikit jauh dari kuil Sensoji, Anda akan mengenali kedai ini lewat papan bergambar Flamingo di atasnya. Anda pun tidak bisa sembarangan untuk bisa makan di sana. Benitsuru menerapkan sistem reservasi di hari yang sama. Jadi Anda tidak bisa langsung datang begitu saja dan memesan makanan.

Nantinya, pegawai di sana akan memberikan jadwal yang kira-kira kosong untuk Anda kembali lagi ke sana. Anda juga diharuskan untuk melakukan deposit sebesar 1000 yen per orang dan tidak bisa dikembalikan apabila Anda tidak datang di waktu yang sudah ditentukan. Setelah melakukan reservasi, pastikan Anda datang sekitar 10 menit lebih awal.

Menu yang ditawarkan pun sederhana, seperti Honey & Butter yang klasik. Namun yang paling mengundang selera Anda adalah menu pancake Bacon & Eggs yang dibalut dengan saus custard yang lezat. Tidak seperti kebanyakan pancake yang cenderung pipih, pancake di sini tebal dan memiliki tekstur yang fluffy. Teknik penyajiannya juga unik. Layaknya artis, sang koki akan menyajikan tiga tumpuk pancake beserta topping-nya di hadapan Anda. Benar-benar akan menjadi pancake terlezat di hidup Anda.

Tokyo memang merupakan tempat yang menyediakan beragam hiburan yang tidak akan ada habis-habisnya. Tidak hanya dari segi budaya dan kuliner, setiap sudutnya menghadirkan pengalaman baru untuk Anda. Jadi, sudah siapkah Anda menjelajah Tokyo?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar