Kamis, 15 Februari 2018

Ini 5 Jenis Mainan Bayi yang Baik untuk Pertumbuhannya

Anda selaku orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati Anda. Apalagi apabila buah hati Anda masih tergolong bayi yang membutuhkan banyak dukungan untuk terus bertumbuh. Sayangnya, masih ada banyak orang tua yang tidak tahu bahwa perlengkapan bayi yang tepat bisa merangsang pertumbuhan bayi dengan baik. Salah satunya adalah mainan bayi.

Mungkin masih belum banyak yang tahu bahwa mainan bayi bukan semata untuk menghindari bayi menjadi tidak rewel tapi juga mampu melatih saraf mereka. Tentu saja, untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, mainan bayi yang dipilih haruslah yang tepat. Seperti 5 jenis mainan bayi yang baik untuk pertumbuhan berikut ini.

Boneka untuk Bayi
Boneka, salah satu mainan bayi yang untuk pertumbuhannya

1. Boneka
Boneka sepertinya adalah mainan paling lumrah dimiliki oleh setiap bayi. Baik itu untuk bayi laki-laki maupun bayi perempuan. Ternyata boneka ini mampu merangsang indra penglihatan bayi untuk bisa menjadi lebih tajam dan baik lagi. Terutama karena berbagai warna yang dimiliki oleh boneka tersebut yang merangsang mata setiap bayi yang melihatnya.

2. Mainan Cermin
Bayi yang telah memasuki usia satu hingga empat bulan sudah mulai memiliki fungsi mata yang lebih awas. Hal ini bisa terus dilatih dengan menggunakan mainan yang memiliki cermen yang menempel. Cermin yang menempel pada mainan ini sendiri berguna untuk memberikan refleks pandangan yang tidak terlalu jauh bagi mata bayi.

Untuk mainan cermin ini sendiri, lebih baik dipasang secara menggantung. Tentunya dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari bayi. Hal ini berguna untuk membuat mainan tersebut berada dalam radius jangkauan bayi tersebut.

3. Buku Bayi
Mainan berikutnya yang tergolong perlengkapan bayi untuk merangsang pertumbuhannya adalah buku bayi. Tentu buku bayi memiliki banyak perbedaan ketimbang buku biasa. Mulai dari teksturnya yang lebih lembut, memiliki banyak ilustrasi, penuh warna hingga berbagai bentuknya yang unik. Hal inilah yang akan merangsang sensor perasa dari sang bayi.

Perlu diketahui ketika bayi ada di usia lima bulan maka mereka suka sekali menggosokan tangannya ke berbagai benda yang membuatnya tertarik. Bayi melakukan ini karena tangannya ingin merasakan sesuatu untuk dipelajari. Memberikan buku bayi tentunya adalah pilihan tepat untuk bayi pada usia tersebut.

4. Bola Karet
Apabila bayi Anda sudah memperlihatkan gerak-gerik mulai belajar merangkak maka mainan bola karet adalah pilihan terbaiknya. Hal tersebut bukannya tanpa alasan karena bola karet yang mudah bergerak dan menggelinding akan sangat membantu bayi yang belajar merangkak. Bayi tersebut pastinya akan berusaha untuk mengejar bola tersebut dengan cara terus bergerak.

Hal ini akan terus merangsang sensor motorik bagi bayi Anda agar terus membaik dari waktu ke waktu. Seperti yang diketahui banyak bayi yang mengalami kesulitan berjalan karena tidak mendapatkan rangsangan sejak dini. Pengunaan bola karet adalah solusi dini bagi Anda selaku orang tua untuk melatih bayi merangkak hingga kemudian belajar untuk berjalan.

5. Mainan Lunak
Mainan terakhir yang cocok bagi bayi yang sedang bertumbuh adalah mainan lunak. Banyak bayi yang menggigit benda-benda di sekitarnya karena masih proses pertumbuhan gigi. Memberikan mainan yang lunak tentunya akan menghindari bayi mengigit benda-bendar keras yang tidak cocok untuk mereka. Bahkan bisa menyebabkan mulut mereka berdarah.

Bayi yang sedang mengalami pertumbuhan maupun perkembangan memang membutuhkan banyak sekali perhatian. Perlengkapan bayi yang tepat seperti mainan bayi bisa dijadikan langkah pertama Anda sebagai orang tua. Tentu saja mainan bayi yang dipilih juga harus memperhatikan berbagai hal mulai dari harga hingga fungsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar